Minggu, 21 Oktober 2012

Meditasi

Meditasi saya artikan sebagai ketenangan ddalam diri seseorang yang disengaja dari diri sendiri. Terkadang seseorang mengartikan meditasi dengan sesuatu yang mistis, akan tetapi jika dilihat sejatinya meditasi adalah mencari ketenangan dalam diri seseorang. Meditasi juga tidak harus dilakukan ditempat yang sepi, tidak juga di gunung-gunung, kuburan-kuburan/makam-makam, dan sebagainya yang sebagaian orang menganggap tempat-tempat mistis, akan tetapi meditasi adalah menenangkan diri. Dikeramaian dan di tempat umum sekalipun sejatinya seseorang mampu melakukan meditasi dengan kemampuan yang dimiliki. Saya menulis demikian berdasarkan apa yang saya alami sendiri, yang saya lakukan dan berdasarkan pengalaman selama ini.

Manfaat Meditasi 
- Menjadikan tubuh sehat
- Menjadikan fikira tenang
- Menjadikan hati, tubuh dan fikiran relax dan terhindar dari hal negatif yang ada dalam diri
- Menjadikan diri mampu memahami kekurangan dan kelebihan diri
- Dll

Menjadikan tubuh sehat dalam meditasi dimaksudkan bahwa ketika seseorang mampu melakukan meditasi dengan baik dan dengan niat yang lurus maka seseorang akan merasakan manfaat kebugaran tubuh yang luar biasa. Hal ini dikaitkan dengan kemampuan seseorang memanfaatkan alam bawah sadarnya ketika dia mampu mengeksploitasinya.
Menjadikan fikiran tenang dalam meditasi dimaksudkan bahwa seseorang yang mampu melakukan meditasi secara baik akan menenangkan fikiran yang selama ini penat dalam aktifitas keseharian mereka. Fikiran akan terasa fres ringan tanpa adanya suatu beben yang menempel dalam fikiran kita, akan tetapi bukan fikiran kosong, melainkan jernih dengan mampu mengendalikan sesuatu yang ada dalam fikiran kita. 
Menjadika hati, tubuh dan fikiran relax dan terhindar dari hal negatif yang ada dalam diri adalah sesuatu yang akan didapat ketika kita mampu melakukan meditasi dengan baik, karena dengan bermeditasi dengan baik kita akan benar-benar mampu menguasai diri ini dengan sesuatu hal yang positif, sehingga sangat berpengaruh dengan hati, tubuh dan fikiran. Apa yang ada dalam tubuh, hati dan pikiran adalah tergantung dengan apa yang kita lakukan. Dengan bermeditasi (melakukan ketenangan) itu berarti melakukan sesuatu yang tenang, maka secara otomatis ketenangan akan hadir dalam segala segi termasuk tubuh, hati dan pikiran.
Memahami kekurangan dan kelebiha dalam diri kita, adalah sesuatu yang banyak dicari semua orang, karena tidak semua orang mampu memahami diri ini dengan sebenar-benarnya paham tentang kelebihan dan kekurangan. Dengan bermeditasi membuat seseorang mampu merenungkan diri ini dengan apa yang ada dalam kehidupanya dan kebiasaanya dalam keseharia, sehngga mampu memahami diri ini dengan lebih teliti dan lebih mampu mengeksploitasi kemampuan dan meminimalisir kekurangan yang ada.
Serta masih banyak yang akan dihasilkan ketikan seseorang mampu melaksanakan meditasi dengan baik dan benar untuk keperluan yang positif terutama untuk diri sendiri dan bermanfaat terhadap orang-orang disekitarnya.
Banyak orang bertanya-tanya bagaimana melakukan meditasi yang baik dan benar tanpa terpengaruh unsur magis, mistis dan syirik (bagi agama Islam). Banyak versi yang bisa dijadikan referensi untuk jawaban akan pertanyaan tersebut. Disini penulis akan mencoba membagi pengalaman saya mengenai meditasi dan cara-cara saya dalam bermeditasi. Saya tegaskan disini ini berdasarkan pengalaman dan yang saya lakukan pada diri saya, karena mungkin sebagian orang ada yang berhasil ada pula yang tidak. Semua tergantung niat, motivasi dan ketahanan dalam menjalankanya, jadi bagi hanya ingin coba-coba mending tidak melanjutkan membaca, ini serius karena percumah dan membuang-buang tenaga, tidak akan berhasil segala sesuatu jika tidak diseriusi. Untuk cara-caranya akan saya posting di tulisan selanjutnya, karena butuh tempat tersendiri dalam tulisan di blog ini agar anda dalam membacanya tidak susah. Demikian untuk sementara tulisan ini saya tulis dan akan bersambung untuk postingan mengenai cara-cara meditasi. Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: