Selasa, 23 Oktober 2012

Cara Melakukan Meditasi bagi pemula

Cara melakukan meditasi yang akan saya muat di sini adalah berdasarkan apa yang saya lakukan dan berdasrkan pengalaman saya, jadi mungkin bisa sama dengan apa yang telah anda sekalian baca namun ada juga yang berbeda dengan apa yang ada mengetahuinya. Saya kembali menegaskan di sini kepada blogger yang budiman, bahwa perlu keseriusan jika memang anda benar-benar memiliki keinginan dan motivasi yang tinggi untuk mempelajarinya, dan tidak akan berhasil ketika anda hanya main-main saja.
Langsung saja akan saya paparkan di sini untuk pelatihan permulaan atau bagi yang baru belajar tentang meditasi itu sendiri. 
Pertama, yang harus dilakukan adalah anda harus memiliki niat bahwa anda meluangkan waktu anda untuk meditasi, mantapkan diri anda terhadap motivasi anda.
Kedua, anda harus mampu membuat tubuh anda tenang, relax tanpa adanya suatu beban dalam diri, jadi segala beban di pundak, segala pemikiran yang memaksa anda berfikir keras, dan segala macam permasalahan dalam hidup anda di hilangkan terlebih dahulu selama menjalankan meditasi (tidak harus di tempat yang sepi atau jauh dari keramaian). Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berada dalam kondisi tersebut,, yang biasa saya lakukan adalah dengan metode mengatur pernafasan terlebih dahulu untuk bisa menetralkan segala macam ketegangan. Caranya adalah dengan mengatur pernafasan agar tarikan nafas anda tidak terburu-buru, jadi lakukan tarikan nafas dengan perlahan dan teratur jarak antara tarikan dan hembusan. Untuk awalan bisa dengan hitungan setiap tarikan pernafasan misalnya satu tarikan nafas dihitung sembilan kali hitungan, kemudian ditahan dengan sembilan hitungan, begitu juga menghembuskannya dengan sembilan kali hitungan. Lakukan berulang-ulang sampai anda benar-benar lupa untuk sementara dengan segala keteganan itu, tentunya selama melakukan meditasi karena anda mengkhususkan waktu untuk meditasi. Serta banyak metode yang bisa anda lakukan selain dengan tekhnik pernafasan, tinggal anda memilih mana yang menurut anda lebih mudah, yang terpenting adalah anda dalam kondisi seperti apa yang saya maksudkan.
Ketiga, Setelah anda mampu berada dalam kondisi tubuh tenang, relax dan tanpa beban permasalahan seperti apa yang saya maksudkan di atas, yang harus anda lakukan adalah merasakan tubuh anda, rasakan tubuh anda sekan anda adalah orang yang tidak mempunyai permasalah, tidak punya beban, nikmati keadaan ini sampai ada benar-benar menikmatinya. Setelah anda mampu merasakan kondisi tersebut, mencobalah untuk merasakan detak jantung anda sendiri, mencobalah mendengarkan detak jantung anda sampai anda benar-benar bisa mendengarkan hingga anda mampu menghitung detak jantung anda sendiri. Dalam kondisi ini biasanya butuh latihan extra, karena sangat sulit untuk mencapai ini, namun tidak menutup kemungkinan anda bisa langsung mampu melakukannya, karena dengan ketenangan anda, anda akan mudah mencapai kondisi ini, semakin anda tenang maka semakin cepat pula anda mencapai keadaan ini.
Keempat, setelah anda mampu melakukan step di atas, yang harus anda lakukan adalah merasakan aliran darah di seluruh tubuh anda. Jika dalam pelajaran IPA ketika anda masih SD dulu ada pembuluh darah vena dan pembuluh darah arteri, nah rasakan itu ada dalam tubuh anda sampai anda benar-benar merasakan ada aliran dalam tubuh anda, bukan membayangkan tapi tubuh benar-benar merasakan aliran darah mengalir dari jantung dan ke seluruh tubuh, begitu juga sebaliknya dari tubuh kembali ke jantung, begitu seterusnya sampai anda tanpa di sadari anda merasakan tanpa anda menginginkan, kaki, tangan, kepala, badan, semua terasa ada aliran darah anda, benar-benar terasa.
Jika anda telah berhasil dalam menjalankan step pertama sampai akhir, usahakan anda lakukan dengan tanpa perintah anda dimanapun anda berada, baik di tempat sepi maupun di keramaian, tentunya tidak dengan hal-hal yang lebay-lebay seperti sebagian orang, cukup dengan ketenangan anda agar orang itu tidak tau apa yang sedang anda lakukan, dan andapun tidak perlu menunjukan hal itu kepada siapapun. Jika anda bisa melakukan hal tersebut di atas, akan tetap anda sembil melakukan sesuatu pekerjaan lain, entah dilakukan sambil ngobrol ataupun pekerjaan lain, nanti anda akan merasakan hal yang berbeda dari biasanya.
Kemudian jika anda telah mampu melakukan hal ini, baru anda kejenjang yang lebih susah dari hal ini, jadi tidak perlu memaksakan ke yang lebih susah lagi, karena hal ini adalah dasar dari apa yang akan saya sampaikan nanti. Ingat, saya tegaskan sekali lagi, belajarlah perlahan penuh kesabaran dan ketelitian, ikuti apa yang sudah menjadi acuan di tulisan ini. Ini adalah pengalaman saya, mungkin ada perbedaan bagi anda yang sudah tau atau yang anda baca..
Tulisan ini adalah awalan atau modal anda dalam belajar, jadi anda harus bisa step ini terlebih dahulu sebelum yang selanjutnya, karena sangat bahaya ketika anda belum menguasai hal ini anda sudah nekad melakukannya.
PERHATIAN
SEGALA TULISAN INI ADALAH APA YANG SAYA LAKUKAN, DAN SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEJADIAN-KEJADIAN DI LUAR KEINGINAN. TERIMA KASIH.

Tidak ada komentar: